Minggu, 08 Januari 2012


Istilah Milkshake, sesuai namanya adalah minuman dari campuran susu (Milk) yang diaduk (Shake). Di Inggris Milkshake adalah campuran susu dengan sirop aneka rasa, tanpa es krim. Jika ditambah es krim namanya menjadi Frappe. Ada juga yang Smoothies yaitu milkshake tanpa es krim yang dicampur buah-buahan. Sedangkan di Kanada dan Amerika, Milkshake adalah campuran susu, es krim, buah-buahan, saus coklat, dan Whipped Cream  sebagai pelengkap.
Di luar negeri, milkshake adalah menu minuman yang umum disajikan di Fast Food dan restoran, selaian Softdrink dan bir. Setiap counter penjual milkshake memiliki cara yang tidak selalu sama dalam meracik milkshake. Namun yang pasti milkshake harus selalu diaduk dengan blender, tidak diaduk atau dikocok dengan tangan.
Bahkan ada jenis blender khusus untuk milkshake, dimana campuran milkshake dengan bahan lain diaduk secara otomatis dengan kecepatan tetap agar menghasilkan milkshake yang halus dan rata.
Seperti halnya di Amerika, di Indonesia milkshake memakai bahan dasar es krim. Rasa es krim yang biasa dipergunakan adalah: vanila, cokelat dan strawberry. Namun sejalan dengan keinginan konsumen digunakan juga es krim rasa mint, kopi, mocca, dll.
Selain es krim, milkshake perlu ditambahkan bahan lain agar rasanya lebih nikmat, seperti :
  • Biskuit
  • Cokelat  chip
  • Buah-buahan (pisang, cherry, strawberry, dll)
  • Sirup aneka rasa (karamel, cokelat, kopi
  • Jus
  • Yogurt,dll
Proses pembuatan dan bahan tambahan milkshake cukup beragam dibanding minuman lain. Banyak orang yang memilih membeli milkshake di cafe atau restoran daripada membuat sendiri, padahal milkshake ala cafe bisa anda buat sendiri di rumah.
Karena kandungan susu, gula dan es krimnya, minuman milkshake dihindari oleh mereka yang sedang diet. Penggemar milkshake biasanya adalah anak-anak dan remaja. Selain rasanya yang nikmat, milkshake juga merupakan minuman bergengsi karena harganya yang relatif mahal.
Milkshake cocok untuk anak dan remaja, kandungan susu dalam es krimnya mengandung votamin A dan kalsium yang baik untuk pertumbuhan. Bagi mereka yang diet, untuk menyiasati kandungan lemak dapat dipilih susu low fat atau fat free yang kini banyak dijumpai di pasar swalayan, dan mengurangi jumlah es krimnya.

0 komentar :